Ini 10 Negara Paling Bahagia di Dunia

Kompas.com - 07/05/2014, 08:25 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

LONDON, KOMPAS.com — Australia dinobatkan menjadi negara industri paling bahagia di dunia. Negara benua ini berhasil mempertahankan gelar selama 4 tahun berturut-turut.

Australia menahan Norwegia dan Swedia yang harus puas di posisi 2 dan 3 dalam Indeks Hidup Lebih Baik yang diterbitkan Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD).

OECD adalah organisasi internasional yang menyatukan negara-negara maju berpendapatan tinggi. OECD mulai meneliti penyumbang kebahagiaan dan kehidupan layak sejak awal 2000-an dengan mengacu pada indikator yang mudah ditentukan seperti pendapatan dan kekayaan, hingga indikator yang sulit seperti keterlibatan masyarakat.

Indikator lainnya adalah kesehatan dan pendidikan, kualitas lingkungan lokal, keamanan pribadi, serta kepuasan hidup secara keseluruhan.

Laporan OECD itu menyebut, warga Australia menikmati kualitas hidup di atas rata-rata dalam semua indikator tersebut. Secara umum, dari total 60.000 responden penelitian yang menyuarakan pandangannya, faktor terpenting agar bahagia adalah kepuasan hidup, diikuti dengan kesehatan dan pendidikan.

"Ada perbedaan-perbedaan tergantung pada dari mana asal anda, berapa usia anda, dan bahkan kadang-kadang apakah anda pria atau wanita," kata salah seorang peneliti OECD seperti yang dikutip, Rabu (7/5/2014).

Berikut adalah 10 negara paling bahagia di dunia berdasarkan indeks yang dibuat OECD.
1. Australia
2. Norwegia
3. Swedia
4. Denmark
5. Kanada
6. Swiss
7. Amerika Serikat
8. Finlandia
9. Belanda
10. Selandia Baru



Sumber CNN
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X