BI: Tarif Listrik Industri Naik, Inflasi Masih Terjaga

Kompas.com - 09/05/2014, 14:54 WIB
Gedung Bank Indonesia KOMPAS/WISNU WIDIANTOROGedung Bank Indonesia
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Tarif dasar listrik (TDL) untuk industri besar secara berkala dinaikkan per 1 Mei 2014 lalu. Kenaikan TDL tersebut akan menyebabkan kenaikan harga-harga barang dan dapat berdampak kepada inflasi.

Meskipun demikian, Bank Indonesia (BI) menganggap kenaikan TDL industri tak perlu diikuti kenaikan suku bunga. "Policy kami, BI rate itu untuk menghandle inflasi. Dengan melihat kemarin dampak TDL dan lain-lain itu inflasi akhir tahun 5 persen. Masih di kisaran 4,5 plus minus 1 persen," kata Deputi Gubernur BI Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat (9/5/2014).

Dengan melihat kondisi itu, Perry menyatakan agar bank sentral tidak melihat ada keperluan untuk menaikkan atau menurunkan suku bunga acuan BI alias BI rate dalam konteks untuk menyikapi inflasi.

Ia mengakui, kenaikan TDL industri memang akan berdampak ke inflasi. Namun demikian, Perry mengungkapkan saat ini pertumbuhan industri di Tanah Air menunjukkan perkembangan yang relatif baik. Baik secara umum maupun sektoral, pertumbuhan industri masih cukup baik dalam mendukung pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal I 2014.

"Pertumbuhan industri kemarin itu sekitar 6 persen di sektor manufacturing. Konstruksi juga sekitar itu. Transportasi dan telekomunikasi tumbuh sekitar 10 persen," sebut dia.

Dengan gambaran kondisi pertumbuhan industri domestik tersebut, bank sentral memandang pertumbuhan ekonomi domestik cukup kuat di tengah berbagai situasi global. Selain itu, dari sisi domestik, risiko yang masih dihadapi adalah inflasi dan defisit transaksi berjalan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X