Orde Baru Lebih Tonjolkan Kompetensi Pekerja

Kompas.com - 12/05/2014, 12:26 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Gubernur Bank Indonesia sekaligus Ketua Mandiri Institute, Darmin Nasution, menilai masih banyak masyarakat dan lembaga yang tidak terbiasa memenuhi standar dalam dunia kerja saat ini.

Menurutnya, keadaan seperti itu berbanding terbalik dengan situasi saat Orde Baru lalu yang menurutnya lebih menonjolkan kompetensi pekerja. "Kita tidak terbiasa memenuhi standar. Dulu zaman Orde Baru, mau jadi tukang batu harus dilihat di lapangan mampu berapa pasang batu dia, dan seberapa rapih kerjanya," ujar Darmin Nasution dalam sambutannya diacara peresmian Mandiri Institute di Jakarta, Senin (12/5/2014).

Darmin menjelaskan, masyarakat yang tidak terbiasa memenuhi standar dalam dunia kerja merupakan kesalahan dari sistem pendidikan. Menurutnya, sistem pendidikan saat ini tidak membuat masyarakat mempu mencapai standar yang ada. Oleh karena itu, harus ada perbaikan dalam sistem pendidikan saat ini. "Harus ada perbaikan dalam sistem pendidikan saat ini," katanya.

Menurut Darmin, perbaikan di dunia pendidikan dalam menunjang dunia kerja salah satunya adalah dengan membuat lembaga pendidikan yang fokus kepada kompetensi untuk membuat standar yang menurutnya juga belum ada dalam dunia kerja saat ini.

"Kita tidak memiliki lembaga yang mampu membuat orang memenuhi kompetensi sehingga tidak ada juga standar itu, nah karena itulah Mandiri Institute ini hadir," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.