Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orde Baru Lebih Tonjolkan Kompetensi Pekerja

Kompas.com - 12/05/2014, 12:26 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Mantan Gubernur Bank Indonesia sekaligus Ketua Mandiri Institute, Darmin Nasution, menilai masih banyak masyarakat dan lembaga yang tidak terbiasa memenuhi standar dalam dunia kerja saat ini.

Menurutnya, keadaan seperti itu berbanding terbalik dengan situasi saat Orde Baru lalu yang menurutnya lebih menonjolkan kompetensi pekerja. "Kita tidak terbiasa memenuhi standar. Dulu zaman Orde Baru, mau jadi tukang batu harus dilihat di lapangan mampu berapa pasang batu dia, dan seberapa rapih kerjanya," ujar Darmin Nasution dalam sambutannya diacara peresmian Mandiri Institute di Jakarta, Senin (12/5/2014).

Darmin menjelaskan, masyarakat yang tidak terbiasa memenuhi standar dalam dunia kerja merupakan kesalahan dari sistem pendidikan. Menurutnya, sistem pendidikan saat ini tidak membuat masyarakat mempu mencapai standar yang ada. Oleh karena itu, harus ada perbaikan dalam sistem pendidikan saat ini. "Harus ada perbaikan dalam sistem pendidikan saat ini," katanya.

Menurut Darmin, perbaikan di dunia pendidikan dalam menunjang dunia kerja salah satunya adalah dengan membuat lembaga pendidikan yang fokus kepada kompetensi untuk membuat standar yang menurutnya juga belum ada dalam dunia kerja saat ini.

"Kita tidak memiliki lembaga yang mampu membuat orang memenuhi kompetensi sehingga tidak ada juga standar itu, nah karena itulah Mandiri Institute ini hadir," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com