ATM Diblokir, OJK Nilai Langkah Bank Mandiri Cepat

Kompas.com - 13/05/2014, 11:25 WIB
Ilustrasi mengambil uang di ATM. ShutterstockIlustrasi mengambil uang di ATM.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendukung langkah Bank Mandiri untuk melakukan pengaman terkait indikasi kejahatan perbankan yang menimpa nasabahnya. Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJzk Nelson Tampubolon menilai, Bank Mandiri telah melakukan serangkaian upaya yang cepat saat masalah teridentifikasi.

"Bank Mandiri saya rasa cepat lakukan langkah-langkah pengamanan. Saya pikir SOP mereka. Begitu mereka melihat gejala yang mereka lihat, mereka ambil langkah-langkah, Mereka blok dulu," kata Nelson di Jakarta, Selasa (13/5/2014).

Nelson mewanti-wanti perbankan untuk terus mengecek dan meningkatkan sistem keamanannya.  "Bank harus betul-betul hati dan mengembangkan sistem pengamanan. Imbauan ke bank adalah untuk melihat lagi sistem pengamanannya. Bank sekarang merasa sistem keuangannya bagus, ternyata bisa ditembus. Ini harus dilihat kembali," katanya.

Meskipun bank telah memiliki standar dan sistem pengamanan yang cukup baik dan upaya penanganan yang sigap, sebutnya, pihaknya tetap mengimbau agar bank dapat menerapkan pengamanan yang lebih ketat.

Seperti diberitakan, jejaring media sosial ramai dengan kabar pemblokiran kartu ATM Bank Mandiri. Isu ada peretasan sudah pula dibantah oleh Bank Mandiri. Pemblokiran diakui memang terjadi tetapi Bank Mandiri mengatakan tindakan itu semata upaya pencegahan untuk mengantisipasi kejahatan perbankan.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X