Ada 9 Persen Masyarakat yang Ogah Mudik

Kompas.com - 13/05/2014, 14:39 WIB
Pemudik memadati Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (1/8/2013). Memasuki H-7 Lebaran, arus penumpang yang melakukan perjalanan mudik mulai meningkat di bandar udara serta sejumlah terminal bus dan stasiun di Jakarta. KOMPAS / FERGANATA INDRA RIATMOKOPemudik memadati Terminal 1 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (1/8/2013). Memasuki H-7 Lebaran, arus penumpang yang melakukan perjalanan mudik mulai meningkat di bandar udara serta sejumlah terminal bus dan stasiun di Jakarta.
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Berdasarkan data Kementerian Perhubungan, ada sembilan persen masyarakat yang tidak akan mudik saat Idul Fitri. Alasannya beragam.

"Dari hasil survei ada 91 persen jadi mudik, 9 persennya nggak jadi mudik," ujar Kepala Balitbang Kementerian Perhubungan Elly Sinaga, Selasa (13/5/2014).

Elly menjelaskan dari 91 yang jadi mudik tahun ini, 14 persen ganti moda transportasi, 13 persen ganti hari berangkat, 13 persen ganti hari balik.

Jumlah pemudik nanti terdapat di 12 provinsi (Sumut, Lampung, Banten, Jakarta, Jabar, Jateng, Yogya, Jatim, Kalsel, Kaltim, Sulsel, Bali). "Ada 82 persen responden yang sama dengan tahun lalu," sebutnya.

Jumlah pemudik nasional tahun 2014 sebanyak 27.894.914 pemudik. Prediksi pertumbuhan jumlah pemudik sebesar tumbuh sebesar 6,99 persen dari tahun lalu. (Adiatmaputra Fajar Pratama)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X