Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual KPC, BUMI Raup Laba Bersih 394,34 Juta Dollar AS

Kompas.com - 14/05/2014, 07:45 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com -
Lama memerah, rapor kinerja PT Bumi Resources Tbk (BUMI) akhirnya membiru. BUMI mampu membukukan keuntungan besar di kuartal I tahun ini.

Dalam laporan keuangan BUMI kuartal I 2014 yang dipublikasikan pada keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa malam (13/5/2014), emiten batubara milik Grup Bakrie ini mencatatkan laba bersih fantastis selama kuartal I 2014 yakni sebesar 349,34 juta dollar AS. Sebagai perbandingan, di periode sama tahun lalu, BUMI merugi 62,91 juta dollar AS.

Padahal, pendapatan BUMI dalam tiga bulan pertama tahun ini malah merosot 10,94 persen menjadi 839,39 juta dollar AS. Beban bunga dan keuangan BUMI juga menggelembung 65,07 persen menjadi 241,82 juta dollar AS.

Lantas dari mana rapor BUMI bisa membiru? Nah, di laporan keuangan BUMI disebutkan, di kuartal I 2014, BUMI memperoleh laba atas pelepasan investasi pada entitas anak. Nilainya jumbo yakni 746,94 juta dollar AS.

Lebih rinci, laba ini berasal dari penjualan 19 persen saham BUMI di PT Kaltim Prima Coal kepada Country Forest Limited, perusahaan terafiliasi China Investment Corporation (CIC). Penjualan saham ini merupakan bagian penyelesaian utang BUMI ke CIC senilai 1,3 miliar dollar AS.

Nah, selisih antara nilai buku dan hasil penjualan diakui BUMI sebagai laba atas pelepasan investasi pada entitas anak. Penjualan saham KPC itu tersebut mengurangi kepemilikan BUMI di KPC dari 65 persen menjadi 51 persen. Berkat laba dari penjualan KPC tersebut, BUMI pun mampu meraup untung besar. (Khomarul Hidayat)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com