Kompas.com - 14/05/2014, 07:45 WIB
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com -
Lama memerah, rapor kinerja PT Bumi Resources Tbk (BUMI) akhirnya membiru. BUMI mampu membukukan keuntungan besar di kuartal I tahun ini.

Dalam laporan keuangan BUMI kuartal I 2014 yang dipublikasikan pada keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa malam (13/5/2014), emiten batubara milik Grup Bakrie ini mencatatkan laba bersih fantastis selama kuartal I 2014 yakni sebesar 349,34 juta dollar AS. Sebagai perbandingan, di periode sama tahun lalu, BUMI merugi 62,91 juta dollar AS.

Padahal, pendapatan BUMI dalam tiga bulan pertama tahun ini malah merosot 10,94 persen menjadi 839,39 juta dollar AS. Beban bunga dan keuangan BUMI juga menggelembung 65,07 persen menjadi 241,82 juta dollar AS.

Lantas dari mana rapor BUMI bisa membiru? Nah, di laporan keuangan BUMI disebutkan, di kuartal I 2014, BUMI memperoleh laba atas pelepasan investasi pada entitas anak. Nilainya jumbo yakni 746,94 juta dollar AS.

Lebih rinci, laba ini berasal dari penjualan 19 persen saham BUMI di PT Kaltim Prima Coal kepada Country Forest Limited, perusahaan terafiliasi China Investment Corporation (CIC). Penjualan saham ini merupakan bagian penyelesaian utang BUMI ke CIC senilai 1,3 miliar dollar AS.

Nah, selisih antara nilai buku dan hasil penjualan diakui BUMI sebagai laba atas pelepasan investasi pada entitas anak. Penjualan saham KPC itu tersebut mengurangi kepemilikan BUMI di KPC dari 65 persen menjadi 51 persen. Berkat laba dari penjualan KPC tersebut, BUMI pun mampu meraup untung besar. (Khomarul Hidayat)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.