Cawapres Jokowi Bakal Diumumkan, Rupiah Melonjak ke Level Tertinggi Tiga Pekan

Kompas.com - 14/05/2014, 11:14 WIB
Imitasi berbagai macam valuta asing termasuk Rupiah dan Dollar Amerika Serikat menghiasi tempat penukaran valuta asing PT. D8 Valasindo di Jakarta Selatan, Senin (15/4/2013).

KOMPAS/PRIYOMBODOImitasi berbagai macam valuta asing termasuk Rupiah dan Dollar Amerika Serikat menghiasi tempat penukaran valuta asing PT. D8 Valasindo di Jakarta Selatan, Senin (15/4/2013).
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Mata uang rupiah pada Rabu (14/5/2014) mengalami kenaikan paling tinggi sejak Maret 2014 ini, seiring dengan spekulasi bahwa pasangan calon presiden yang diusung PDI Perjuangan, Joko Widodo (Jokowi), bakal diumumkan hari ini, demikian seperti dikutip dari Bloomberg.

Analis menilai hal tersebut bakal mengurangi ketidakpastian politik. Rupiah pun hari ini menguat ke kisaran 11.400-an.

Jokowi disebut-sebut tengah menimang-nimang antara Ketua PMI Jusuf Kalla dan Ketua KPK Abraham Samad. Berdasarkan suvei Indikator Politik Indonesia, Jokowi-Kalla mendapat dukungan 44,2 persen, sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Hatta Rajasa meraih 29 persen.

"Jokowi-Kalla paling populer. Tetapi pasangan yang manapun akan direspon positif, karena adanya kepastian sesuai harapan pasar," sebut ekonom Bank Danamon, Dian Ayu Yustina deperti dikutip dari Bloomberg.

"Dengan adanya dua pasangan yang kuat tersebut, kami berharap pilpres akan berlangsung satu putaran," tambahnya.

Nilai tukar rupiah menguat 0,7 persen menjadi Rp 11.462 per dollar AS pada pukul 09.39. Posisi ini merupak level terkuat mata uang Indonesia ini sejak 22 April 2014. Kemarin rupiah ditutup
pada posisi 11.537,5.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Bloomberg
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.