Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Usaha Sektor Makanan Berbasis Terigu Sangat Potensial

Kompas.com - 15/05/2014, 10:11 WIB
JAKARTA, KOMPAS.com - Peluang usaha di sektor makanan berbasis terigu sangat potensial.  Hal ini dapat dilihat dari konsumsi tepung terigu yang setiap tahunnya meningkat di kisaran 6 persen-8 persen.  Demikian disampaikan Vice President Sales Area 3  PT Indofood Sukses Makmur Divisi Bogasari Ivo Ariawan Budiprabawa.

"Bukti adanya peningkatan ini adalah pertambuhan UKM mitra binaan Bogasari yang tergabung dalam keanggotaan Bogasari Mitra Card (BMC) secara nasional pada April 2014 ini sudah mencapai 54.644 anggota. Dari angka tersebut, sebanyak 4.682 berada di wilayah Jawa Tengah dan 1.027 diantaranya di Kota Semarang," ucap dia, dalam siaran persnya.

Melihat tren pertumbuhan dan peluang yang ada, lanjut Ivo, Bogasari terus memberikan edukasi kepada para UKM lewat keberadaan Bogasari Baking Center (BBC), sekaligus menginspirasi calon wirausaha.

"Bogasari berharap dengan adanya BBC ini akan menginspirasi lahirnya wirasusaha baru di sektor makanan berbasis terigu dan sekaligus meningkatkan nilai usaha dari yang sudah menjalankan usaha," sebutnya.

Ia menjelaskan, unit pelatihan BBC  pertama kali diluncurkan Bogasari pada 15 Oktober 1981 berlokasi di kawasan pabrik Bogasari, Tanjung Priok. Kebutuhan masyarakat akan BBC ini terus meningkat sehingga mulai dibuka di berbagai kota. Hingga saat ini, jumlah total BBC ada 19 yang tersebar di 16 kota berbagai propinsi. Antara lain Aceh, Medan, Padang, Palembang, DKI Jakarta, Bandung, Cirebon, Kediri, Semarang Surabaya, Samarinda, Banjarmasin dan di kota lainnya.

Sementara BBC di Semarang sudah ada sejak tahun 2001 dalam bentuk kerja sama (joint venture) dengan pihak lain dan belum memiliki tempat sendiri. Namun melihat peningkatan kebutuhan masyarakat, mulai tahun 2014 ini BBC berdiri sendiri dan memiliki tempat sendiri (own BBC). 

“Dan dalam rangka peresmian BBC Semarang ini, Bogasari  menyiapkan program diskon khusus untuk masyarakat. Pertama, diskon Rp. 100.000 untuk 100 pendaftar pertama tanggal 12–31 Mei 2014 dengan masa pelatihan pada tanggal 12 Mei – 31 Juli 2014. Kedua, diskon Rp. 50.000 untuk 100 pendaftar pertama tanggal 2–21 Juni 2014 dengan waktu  pelatihan 2 Juni–31 Juli 2014," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com