Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Menko, CT Lepas Jabatan di Perusahaannya

Kompas.com - 16/05/2014, 16:45 WIB
Sabrina Asril

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono resmi menunjuk Chairul Tanjung menggantikan posisi Hatta Rajasa sebagai Menteri Koordinator Perekonomian, Jumat (16/5/2014). Bagaimana respon Chairul atas penunjukkan ini?

"Saya akan gunakan kepercayaan ini dengan bekerja maksimal. Ini amanah yang harus saya emban, amanah yang berat. Namun, dengan mengucapkan bismillah, saya akan mengemban jabatan ini," ujar Chairul dalam jumpa pers di kantor kepresidenan.

Ketua Komite Ekonomi Nasional (KEN) itu mengatakan baru akan aktif menggantikan Hatta pada Senin (19/5/2014) mendatang.

Dia juga akan melepaskan semua jabatan di semua  perusahaan miliknya. Langkah ini diambil supaya tidak ada conflict of interest selama dia menjabat sebagai Menko Perekonomian.

Chairul merupakan pemilik CT Corp.  Grup ini menguasai berbagai lini bisnis mulai dari perusahaan media masa,  perbankan hingga ritel.

Seperti diberitakan, Hatta pada Rabu (13/5/2014) lalu, sudah bertemu dengan Presiden didamping bakal capres Partai Gerindra Prabowo Subianto. Di dalam pertemuan itu, Hatta menyampaikan pengunduran diri sebagai menteri karena hendak maju sebagai bakal calon wakil presiden mendampingi Prabowo.

Mundurnya Hatta dari jabatan Menko Perekonomian itu mengikuti ketentuan yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 42 Tahun 2008 tentang Pemilu Presiden dan Wakil Presiden. Dalam Pasal 6 UU tersebut, pejabat negara yang dicalonkan oleh partai politik atau gabungan partai politik sebagai calon presiden atau calon wakil presiden harus mundur dari jabatannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com