Tutup Dua Pabrik, PT HM Sampoerna Beri Pelatihan 4.900 Karyawannya yang Kena PHK

Kompas.com - 16/05/2014, 22:51 WIB
PT HM Sampoerna -PT HM Sampoerna
EditorHeru Margianto


SURABAYA, KOMPAS.com
- PT HM Sampoerna memberikan pelatihan kepada 4.900 karyawan yang terkena dampak restrukturisasi di pabrik Sigaret Kretek Tangan (SKT) Lumajang dan Jember, Jawa Timur. Kedua pabrik itu akan resmi ditutup mulai tanggal 31 Mei 2014 (baca: Tutup Dua Pabrik, PT HM Sampoerna PHK 4.900 Karyawan).

Sekretaris Perusahaan PT HM Sampoerna Maharani Subandhi di Surabaya, Jumat (16/5/2014), mengatakan, penutupan dua pabrik merupakan keputusan yang berat, terlebih mengingat dampaknya bagi para karyawan.

Oleh karena itu, kata dia, perusahaan memberikan kesempatan bagi karyawan di kedua pabrik Lumajang dan Jember untuk mengikuti program pelatihan kewirausahan.

"Harapan kami, hal itu akan dapat membantu mereka dalam mendapatkan keahlian baru dan mencari sumber penghasilan lainnya," kata Maharani.

Ia menjelaskan bagi karyawan akan diberikan program pelatihan yang terdiri dari sesi motivasi, pengelolaan keuangan, dan pelatihan kejuruan.

Mereka yang terkena restrukturisasi, kata Maharani, diberi paket pesangon yang jumlahnya lebih besar dari perundangan yang berlaku (UU Tenaga kerja No.13/2003). Mereka juga tetap mendapat tunjangan hari raya 2014, karena disadari, kebutuhan akan hari raya harus terpenuhi.

Maharani menjelaskan pihaknya sangat menyesal harus mengambil keputusan ini. Di saat sama, untuk menjaga perekonomian rakyat di Jember dan Lumajang, pasokan tembakau dalam jumlah besar tetap akan diambil dari sana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Antara
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.