Kompas.com - 19/05/2014, 09:55 WIB
Mainan anak yang sebagian besar produk impor dari Cina dijual di Blok M Square, Jakarta, Selasa (16/10/2012). Tahun ini pemerintah fokus pada penerapan SNI untuk produk mainan anak, tekstil dan produk tekstil, serta elektronik. Selain untuk mengendalikan impor, peneraan SNI ini juga untuk melindungi konsumen

KOMPAS/HERU SRI KUMOROMainan anak yang sebagian besar produk impor dari Cina dijual di Blok M Square, Jakarta, Selasa (16/10/2012). Tahun ini pemerintah fokus pada penerapan SNI untuk produk mainan anak, tekstil dan produk tekstil, serta elektronik. Selain untuk mengendalikan impor, peneraan SNI ini juga untuk melindungi konsumen
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com – Sebanyak 40 industri kecil menengah (IKM) mainan anak yang berasal dari Jawa Barat akan didaftarkan untuk mendapatkan standar nasional industri (SNI) secara gratis. Adapun mereka yang mendapatkan fasilitas ini adalah yang sudah memenuhi syarat, setelah sebelumnya diberi pembekalan mengenai IKM mainan anak.

“Yang akan dibiayai oleh DJ IKM (Kemenperin) sebanyak 20 IKM, dan oleh CSR Sucofindo juga 20 IKM,” kata Euis Saedah, Direktur Jenderal IKM, Kementerian Perindustrian (Kemenperin), kepada Kompas.com, Minggu (18/5/2014).

Dia mengatakan, beberapa IKM yang masih mengalami masalah perizinan juga bakal dibantu oleh DJ IKM Kemenperin, ke Dinas Perindag (Perindustrian dan Perdagangan) tempat domisili usaha mereka.

Setelah pembekalan dan pemberian gratis SNI kepada IKM, Senin (19/5/2014) ini, kegiatan serupa juga akan dilaksanakan untuk IKM di sekitar Jawa Timur pada 2 Juni 2014.

Euis mengatakan, kegiatan ini bertujuan mengintensifkan implementasi wajib SNI mainan anak. Sebagai informasi, dengan telah diberlakukannya SNI wajib Mainan Anak per tanggal 30 April 2014, melalui Peraturan Kementerian Perindustrian No. 24/-Ind/PER/4/2013, maka IKM mainan anak wajib mengikuti peraturan tersebut.


Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.