Kompas.com - 19/05/2014, 11:10 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muhammad Muchlasin mengaku pihaknya memperoleh banyak permintaan jenis produk asuransi mikro.  Permintaan ini diperoleh saat OJK melakukan survei asuransi mikro kepada masyarakat berpenghasilan rendah.

"Demand masyarakat desa tinggi terhadap asuransi. Ada yang minta asuransi pemakaman, kan setelah meninggal itu banyak acara-acara. Ada juga yang minta asuransi (untuk membayar) kredit-kredit. Kaum Muslimin kan percaya kalau orang sudah meninggal utang-utangnya harus dilunasi. Mereka mengharapkan ada semacam credit life supaya ahli waris kalau bisa jangan dibebani utang ini," kata Muchlasin di Kantor Pusat OJK, Jumat (16/5/2014).

Selain kedua jenis produk asuransi tersebut, Muchlasin juga mengungkapkan OJK kerap memperoleh pertanyaan tentang keberadaan asuransi pertanian. Namun, lanjut Muchlasin, mengaku pengetahuan pihaknya tentang asuransi ini belum mencukupi.

"Pengetahuan tentang asuransi pertanian belum cukup. Jasindo pernah membuat pilot project tapi belum dikembangkan lagi. Mungkin nanti sambil jalannya, soalnya saat survei banyak juga yang menanyakan asuransi pertanian dan hewan ternak," ujar Muchlasin.

Muchlasin mengatakan, pada dasarnya permintaan masyarakat akan asuransi sangat tinggi. Namun, permintaan itu tidak diimbangi dengan daya beli yang cukup kuat.

"Orang Indonesia itu tidak bisa beli asuransi karena tidak mengerti atau tidak mampu. Asuransi mikro diharapkan bisa masuk ke masyarakat saat penghasilan mereka rendah. Kami sampaikan ke CEO-CEO perusahaan asuransi bahwa pendapatan masyarakat pasti akan meningkat, kami yakinkan mereka untuk jual produk asuransi mikro," jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.