CT Diharapkan Bisa Rampungkan Renegosiasi Kontrak Karya Tambang

Kompas.com - 19/05/2014, 17:38 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Deputi Pengendalian dan Pelaksanaan Penanaman Modal, Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Azhar Lubis berharap Chairul Tanjung bisa melanjutkan pekerjaan rumah yang belum dirampungkan oleh Hatta Rajasa.

Salah satu pekerjaan itu adalah renegosiasi kontrak karya perusahaan tambang besar. “Apa yang tertunda bisa diselesaikan, seperti renegosiasi KK (kontrak karya). Perusahaan besar perlu kepastian,” kata dia ditemui di sela-sela sertiijab, di Kantor Kemenko, Jakarta, Senin (19/4/2015).

Sebagai informasi, beberapa perusahaan pemegang kontrak karya skala besar telah menyepakati sebagian besar isu strategis dalam renegosiasi kontrak. Namun, ada beberapa hal rinci yang perlu dibicarakan lebih lanjut dan akan menjadi satu kesatuan dalam amandemen kontrak.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Rozik B Soetjipto saat dihubungi, beberapa waktu lalu menyatakan, renegosiasi kontrak karya terus berjalan. ”Tetapi, fokus saat ini adalah membicarakan penerbitan izin ekspor agar kami bisa kembali beroperasi normal,” ujarnya.

Freeport pun diketahui pada pertengahan Maret 2014 telah berkirim surat kepada Menko Bidang Perekonomian waktu itu, Hatta Rajasa, yang isinya menyatakan hanya mau melepaskan saham (divestasi) sebesar 20 persen.

Padahal, sesuai peraturan perundang-undangan, pemegang kontrak karya yang hanya melakukan penambangan tanpa pengolahan seharusnya melakukan divestasi sebesar 51 persen. Akibat belum adanya titik temu ini, renegosiasi kontrak karya yang diharapkan kelar pada April 2014 lalu, hingga kini masih alot.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.