Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Luncurkan Mandiri e-Cash

Kompas.com - 20/05/2014, 15:11 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- PT Bank Mandiri Tbk hari ini meluncurkan Mandiri e-cash, sebuah instrumen pembayaran elektronik berbasis mobile. Dengan moda pembayaran ini, masyarakat dapat melakukan transaksi pembayaran dengan menggunakan uang elektronik dari ponsel mereka.

Menurut Direktur Ritel dan Micro Banking Bank Mandiri Herry Gunardi, saat ini tingkat konsumsi masyarakat Indonesia sangat besar dalam lima tahun terakhir. Ia menyebut konsumsi penduduk Singapura mencapai 84 miliar dollar AS, Malaysia 147 miliar dollar AS, dan Indonesia mencapai 481 miliar dollar AS.

"Sebanyak 80 persen transaksi masih menggunakan uang tunai. Bank Mandiri melihat ini ada peluang untuk menciptakan bisnis untuk membantu cashless society. Sebab pengelolaan uang tunai biayanya tidak sedikit dan banyak kendala," kata Herry dalam Grand Launching Mandiri e-Cash di Jakarta, Selasa (20/5/2014).

Solusi dalam memperkecil kendala penggunaan uang tunai, lanjut Herry, adalah dengan uang elektronik. Dengan menggunakan uang elektronik, maka diharapkan ada penurunan transaksi uang tunai secara signifikan dan migrasi ke elektronik.

"Beberapa faktor mendukung kami meluncurkan layanan ini. Perkembangan industri e-commerce saar ini sekitar 30-an persen. Volumenya Rp 90 triliun pada tahun 2013," ujar Herry.

Dengan layanan e-Cash ini, masyarakat dapat melakukan transaksi di banyak merchant, seperti jasa antar makanan, restoran, toko buku, game online, belanja online, pemesanan tiket bioskop, dan sebagainya.

Dengan layanan ini, masyarakat tak perlu merogoh uang tunai untuk melakukan pembayaran dengan berbagai merchant.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com