Pilpres dan Utang Luar Negeri Bebani Bursa Saham

Kompas.com - 21/05/2014, 07:50 WIB
Ilustrasi KOMPAS.com/Kristianto PurnomoIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan diproyeksikan bergerak variatif pada perdagangan Rabu (21/5/2014). Tekanan yang masih menggelayuti indeks akan diadu dengan kesempatan akumulasi saham-saham yang sudah dinilai murah akibat penurunan sebelumnya.

Pasar saham Amerika Serikat terkoreksi setelah rilis kinerja keuangan perusahaan tercatat (emiten) ritel mengecewakan. Tadi malam, indeks Dow Jones Industrial Average tercatat melemah 0,83 persen dan S&P500 membukukan penurunan 0,65 persen.    

Dari pasar Asia, pergerakan pasar saham dipengaruhi oleh pelambatan ekonomi Tiongkok. Koreksi pasar saham Asia ditunjukkan oleh indeks Nikkei 225 di Jepang sebesar 0,30 persen dan indeks KOSPI Composite di Korea Selatan 0,21 persen. Sementara harga kontrak berjangka (futures) komoditas justru terapresiasi.    

Dari dalam negeri, kekhawatiran terhadap utang luar negeri swasta yang tinggi, dan pertarungan pemilihan presiden yang diprediksi akan berlangsung ketat memberikan kekhawatiran tersendiri bagi investor. Hal itu membuat IHSG dan nilai tukar rupiah terkoreksi dalam dua perdagangan terakhir.    

Menurut Analis Teknikal Mandiri Sekuritas, pada perdagangan hari ini IHSG berpotensi rebound dan bergerak mixed to up menuju resistance terdekat di 4.930. "Meski begitu, potensi penurunan lanjutan masih ada dan menuju support berikutnya di 4.859," sebutnya.

Saham-saham yang direkomendasikan adalah PTPP, ICBP, UNVR, AKRA dan SMGR.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.