Surplus BI Disumbang oleh Selisih Kurs

Kompas.com - 23/05/2014, 13:18 WIB
Bank Indonesia Kompas.com/Robertus BelarminusBank Indonesia
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) melaporkan laporan keuangan tahun 2013 mengalami surplus sebesar Rp 37,4 triliun, yang sebagian besar disumbang oleh selisih kurs sebesar Rp 33 triliun.

"Ada peningkatan cukup besar di sisi penerimaan. Adapun beban relatif turun. Kami bisa mengefisienkan pengeluaran, " kata Direktur Departemen Keuangan Internal BI Ahmad Hidayat di Gedung BI, Jumat (23/5/2014).

Menurut Ahmad, tahun 2013 ditandai dengan tekanan yang sangat kuat terhadap kurs rupiah yang mengalami depresiasi yang cukup dalam. Pada tahun 2012, kurs neraca tercatat sebesar Rp 9.670 per dollar AS dan Rp 12.189 per dollar AS pada tahun 2013, naik sekitar Rp 2.500.

"Pelemahan rupiah karena secara akunting harus diakui. Sama dengan ibaratnya dulu biaya dana rendah kemudian harus melakukan intervensi untuk menahan penurunan rupiah, maka dollar kita jual. Atas penjualan ini secara akunting mau tidak mau harus tercatat," ujar Ahmad.

Lebih lanjut, Ahmad menjelaskan bank sentral mengalami peningkatan total aset dari Rp 1.519 triliun pada tahun 2012 menjadi Rp 1.648 triliun pada tahun 2013, yang didominasi valuta asing.

"(Aktiva) digunakan sebagai instrumen kebijakan dan tidak digunakan untuk memaksimalkan profit. Pendapatan dana (digunakan) untuk stabilitas rupiah. Tidak ada penurunan signifikan dari sisi itu," ujar Ahmad.

Ahmad pun menjelaskan bank sentral mencatat peningkatan rasio modal pada tahun 2013. Rasio modal meningkat sebesar 5,8 persen menjadi Rp 73,7 triliun. Adapun pendapatan dari pengelolaan devisa tercatat sebesar Rp 26 triliun.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X