BI Cermati Kondisi Darurat Militer Thailand

Kompas.com - 23/05/2014, 14:31 WIB
Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo KOMPAS/HERU SRI KUMORO Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi darurat militer di Thailand dipercaya sebagian pihak akan berdampak secara regional, termasuk Indonesia. Apalagi, Thailand merupakan salah satu mitra dagang potensial Indonesia.

Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus DW Martowardojo, mengatakan, perkembangan di negara berkembang dapat saling mempengaruhi. Faktor global, kata Agus, perlu diperhitungkan dan mewaspadai baik secara regional sebab dapat berdampak kepada negara lainnya.

"Yang di global kita waspadai di Amerika Serikat tentang normalisasi sistem moneter dan risiko bunga meningkat. Kita juga mengawasi Tiongkok dan India. Pertumbuhan ekonomi Tiongkok sudah 20 tahun ke belakang sekitar 10 persen, sekarang sekitar 7 persen," kata Agus di Gedung BI, Jumat (23/5/2014).

Secara khusus mengenai kondisi di Thailand, Agus mengaku bank sentral terus mengikuti dan mewaspadai. Sebab, Indonesia dan Thailand merupakan mitra dalam hal perdagangan. "Secara umum kita banyak mitra dagang. Kita hitung di perdagangan dan kepercayaan. Tapi secara umum belum bisa dikatakan ada perkembangan langsung," ujar Agus.

Sebelumnya, Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengaku pihaknya cukup cemas kondisi darurat militer di Thailand akan memberi imbas kepada Indonesia. Sebab, tata niaga perdagangan beberapa komoditas dikhawatirkan akan "berantakan."

Lutfi mengaku dirinya takut barang-barang dari Thailand akan masuk secara ilegal akibat kondisi politik yang mengakibatkan rusaknya tata niaga.

"Kami sangat takut kalau barangnya kemana-mana. Sedang kita saat ini sedang menghadapi musim panen untuk beras dan musim giling untuk gula, jadi kita harus jaga sama-sama supaya tidak ada rembesan yang tidak bertanggung jawab sehingga mengakibatkan kehancuran petani nasional," ujar Lutfi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X