Wamen ESDM: Renegosiasi Freeport dan Newmont Rampung Juli

Kompas.com - 23/05/2014, 18:14 WIB
Wakil Menteri (Wamen) Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo Alfian KartonoWakil Menteri (Wamen) Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Susilo Siswoutomo
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Susilo Siswoutomo  menuturkan, renegosiasi kontrak karya PT Freeport Indonesia dan PT Newmont Nusa Tenggara (NNT) rampung dalam dua bulan ini.

"Harus selesai renegosiasinya, yakin dua bulan," kata dia ditemui usai diskusi di gedung KPK, Jumat (23/5/2014).

Artinya, renegosiasi KK kemungkinan bakal berakhir pada sekitar bulan Juli 2014. Susilo mengatakan, renegosiasi Freeport yang akan disetujui termasuk soal divestasi dan perpanjangan kontrak. "Yakin, pokoknya tunggu saja," ujarnya singkat.

Sebagai informasi, renegosiasi kontrak karya, khususnya Freeport terbilang alot. Pasalnya, perusahaan tambang berinduk Amerika Serikat itu mengajukan besaran pelepasan saham sebesar 20 persen. Sementara pemerintah meminta 51 persen.

Selain itu, Freeport yang kontraknya akan berakhir pada 2021, dikabarkan meminta perpanjangan hingga 2041. Raksasa tambang ini sudah beroperasi di Indonesia sejak 1967.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X