Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

CT: Penurunan Target Penerimaan Pajak Terlalu Besar

Kompas.com - 26/05/2014, 17:41 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Chairul Tanjung menilai penurunan penerimaan negara dari sisi pajak terlalu besar. Menurut pria yang akrab disapa CT ini, penurunan penerimaan pajak disebabkan pelemahan nilai tukar rupiah.

"Memang terjadi penurunan penerimaan pada pajak kita. Tetapi kalau memungkinkan jangan sampai Rp 70 triliun, mungkin Rp 50 triliun. Tetapi sekarang masih dalam proses pembahasan di DPR," kata CT di Menara Kadin, Senin (26/5/2014).

CT juga mengungkapkan pemotongan anggaran belanja kementerian dan lembaga (K/L) harus diupayakan. Tujuannya adalah supaya peningkatan kesejahteraan masyarakat tidak terhambat.

"Jadi sekecil mungkin memberikan efek pada pertumbuhan ekonomi. Sekarang masih dalam proses, tetapi yang namanya pemotongan menyebabkan dorongan fiskal pasti mengecil," sebut CT.

Sekedar informasi, Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan mengusulkan penurunan target penerimaan pajak sekitar Rp 70 triliun pada tahun 2014. Usulan tersebut merupakan respon atas melesetnya hampir seluruh asumsi makro APBN 2014 dan minimnya kapasitas Ditjen Pajak.

Dengan demikian, target penerimaan pajak pada tahun 2014 berubah dari sebesar Rp 1.110 triliun menjadi Rp 1.040 triliun. Adapun Direktorat Jenderal Anggaran Kementerian Keuangan melaporkan penerimaan perpajakan negara pada kuartal I 2014 mencapai Rp 246,4 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com