Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LPPOM MUI: Produk Cadbury Indonesia Halal

Kompas.com - 28/05/2014, 09:47 WIB
Yoga Sukmana

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
 — Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-obatan, Makanan, dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI) memastikan produk Cadbury Indonesia yang beredar di masyarakat sudah disertifikasi halal alias dijamin kehalalannya. Hal ini terkait ditemukannya  kandungan DNA babi pada dua produk Cadbury Malaysia oleh Kementerian Kesehatan Malaysia.

"Cadbury Indonesia sudah disertifikasi halal sejak tahun 90-an. Kita perbarui tiap 2 tahun sekali," ucap Direktur LPPOM MUI Lukmanul Hakim kepada Kompas.com, di Jakarta, Rabu (28/5/2014).

Meski demikian, ia mengaku, pihaknya belum mengetahui apakah kedua produk Cadbury Malaysia, yaitu Cadbury Dairy Milk Hazelnut dan Cadbury Dairy Milk Roast Almond, beredar juga di Indonesia.

"Saya sementara ini masih mencari variannya, apakah masuk ke Indonesia atau tidak. Jadi, belum bisa dipastikan semua yang beredar dapat lebel halal MUI," ujarnya.

Lukman mengatakan, kandungan-kandungan dan varian cokelat di setiap negara berbeda-beda tergantung siapa yang memproduksi. Oleh karena itu, Lukman akan berkordinasi dengan BPOM mengenai masalah tersebut. Tujuannya ialah untuk mengetahui semua produk Cadbury yang beredar buatan dalam negeri atau impor dari negara-negara lain.

Sebelumnya diberitakan, para ulama di Malaysia menyerukan boikot terhadap produk Cadbury karena hasil analisis Kementerian Kesehatan negera jiran tersebut menunjukkan dua produk Cadbury, yaitu Cadbury Dairy Milk Hazelnut dan Cadbury Dairy Milk Roast Almond, mengandung DNA babi. (baca: Ulama Malaysia Serukan Boikot Produk Cadbury karena Mengandung DNA Babi)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com