Kompas.com - 28/05/2014, 18:09 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencana Pembangunan Nasional (Bappenas) dinilai harus memiliki kewenangan lebih dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Menurut Direktur Eksekutif Center of Reform on Economics (CORE) Indonesia Hendri Saparini, besarnya kewenangan Bappenas diharapkan bisa membuat penyusunan APBN lebih terintegrasi.

"Core menilai perlu ada penguatan kewenangan terhadap Bappenas dalam mengintegrasikan kebijakan dan program pembangunan. Bappenas harusnya memiliki kewenangan lebih," kata Hendri di Jakarta, Rabu (28/5/2014).

Hendri menilai dengan kewenangan lebih kepada Bappenas, perencanaan pembangunan yang tertuang di dalam APBN tidak lagi bersifat sektoral seperti yang diterapkan selama ini dan tidak ada koneksi yang jelas.

Untuk itu, Bappenas perlu memiliki model perencanaan pembangunan yang komprehensif dan terintegrasi antarsektor maupun antara pemerintah pusat dan daerah. Tak hanya itu, Hendri pun berharap agar presiden terpilih nanti dapat menerapkan pola penyusunan rencana pembangunan nasional yang terintegrasi.

"Kita memang perlu Bappenas itu lebih dikuatkan, karena sekarang ini Bappenas lebih bertanggung jawab pada perencanaan awal, tetapi setelah itu diserahkan kepada K/L (kementerian dan lembaga)," ujar Hendri.

Hendri memandang selama ini peran Bappenas dalam merencanakan arah pembangunan nasional hampir tidak ada.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.