Freeport Kembali Minta Pelonggaran Bea Keluar Mineral Mentah

Kompas.com - 28/05/2014, 19:29 WIB
Freeport KOMPAS/AGUS SUSANTOFreeport
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Freeport Indonesia sore ini, Rabu (28/5/2014) bertandang ke Kantor Kemenko Bidang Perekonomian untuk meminta kelonggaran bea keluar mineral mentah, setelah perusahaan itu memberikan guarantee letter uang jaminan smelter.

Menteri Perindustrian MS Hidayat menyebutkan, Freeport meminta bea keluar diturunkan. Namun, pemerintah menegaskan bea keluar bisa turun hingga nol persen ketika smelter sudah terbangun.

"Sekarang dia minta pertimbangan. Kalau selesai membangun (smelter) kan 3 tahun lagi. Tapi yang bisa memastikan dia membangun itu apa? Waktu itu kita wacanakan pakai jaminan. Barangkali ini yang akan saya teruskan," ujar Hidayat.

Dia mengatakan, konsentrat Freeport saat ini sudah berjuta-juta ton, namun belum bisa diekspor lantaran smelter belum terbangun. Hidayat menambahkan, Freeport harus menyetor setidaknya 115 juta dollar AS untuk mendapatkan izin ekspor mineral mentah. Angka tersebut adalah 5 persen dari besaran investasi smelter Freeport yang ditaksir menelan anggaran hingga 2,3 miliar dollar AS.

Sementara itu, ditemui dalam kesempatan sama, Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Roziek B Soetjipto mengaku hingga hari ini, perusahaan tambang berinduk Amerika Serikat tersebut belum menitipkan uangnya ke pemerintah.

"Jaminan belum dimasukkan, tapi sudah ada komitmen bahwa kita siap," kata Roziek. Dia mengatakan, smelter yang akan dibangun nantinya, kemungkinan berlokasi di Gresik, dengan kapasitas produksi mencapai 1,6 juta konsentrat tembaga per tahun.

Roziek menambahkan, proposal pembangunan smelter sudah dilayangkan ke pemerintah dan akan dibahas. Sementara itu, mengenai kabar Freeport menggandeng Antam, Roziek mengatakan, Freeport akan memegang saham mayoritas smelter.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X