Menteri ESDM: Karyawan Newmont Hanya Dirumahkan dan Tetap Digaji

Kompas.com - 29/05/2014, 12:05 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik Kompas.com/SABRINA ASRILMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Jero Wacik, membantah adanya pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan PT Newmont Nusa Tenggara.

"Newmont tidak PHK, dia cuma merumahkan tetapi dengan gaji," ujar Jero Wacik setelah rapat koordinasi kebijakan minerba di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Rabu malam (28/5/2014).

Jero Wacik menjelaskan, apa yang terjadi kepada karyawan Newmont hanya sementara. Dia mengatakan, jika dalam satu minggu ini kesepakatan antara Newmont dan Pemerintah tercapai, maka kebijakan merumahkan karyawan tersebut akan selesai.

"Tapi kalo minggu depan selesai (kesepakatan dengan Pemerintah) juga sudah (bisa kembali bekerja)," katanya.

Presiden Direktur Newmont Nusa Tenggara, lewat siaran pers, Rabu (7/5/2014) menyatakan, per Juni depan bakal merumahkan 80 persen atau 6.400 orang dari total 8.000 karyawan yang bergelut di operasi produksi areal tambang Batu Hijau, Sumbawa Barat. Alasannya, kapasitas gudang penyimpanan 40.000 ton mineral olahan tanpa pemurnian (konsentrat) tembaga sudah penuh.  (baca:Tak Bisa Ekspor, Newmont Korbankan Karyawan)

Kondisi gudang penyimpanan yang membeludak itu adalah efek domino dari kegiatan ekspor perusahaan yang harus terhenti.

Hal itu terjadi lantaran sejak Januari lalu, pemerintah melalui Kementerian Sumber Daya Mineral (ESDM) melarang perusahaan tambang seperti Newmont Nusa Tenggara mengekspor konsentrat. Sehingga, perusahaan ini memilih mengurangi kegiatan operasi penambangan dahulu.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X