Harga Emas di Tertekan Data Positif Ekonomi AS

Kompas.com - 30/05/2014, 10:18 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Emas berjangka di New York Mercantile Exchange turun pada Kamis waktu setempat (Jumat, 30/5/2014). Penurunan itu memasuki hari keempat secara berturut-turut akibat tertekan positifnya data ekonomi AS.

Kontrak emas untuk pengiriman Agustus turun 2,6 dolar AS atau 0,21 persen, dan ditutup pada 1.257,1 dolar AS per ounce. Statistik menunjukkan, harga emas telah mengalami penurunan sekitar 3 persen dan berada di tingkat terendah sejak 5 Februari.

Para analis pasar memprediksi, harga emas Agustus akan stabil pada kisaran 1.250 dolar AS per ounce. Diperkirakan para spekulan akan cukup agresif melakukan pembelian. Para analis juga percaya, pasar emas butuh lebih banyak waktu untuk berkonsolidasi dan membangun basis dukungan, sebelum memasuki posisi "bullish" baru.

Di sisi ekonomi, Departemen Perdagangan AS memangkas estimasi pertumbuhan ekonomi, yang menunjukkan terjadinya kontraksi. Hal itu merupakan dampak dari musim dingin yang terus mendera.

Sementara itu, harga perak untuk pengiriman Juli turun 4,5 sen atau 0,24 persen, menjadi 19,014 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Juli turun 2,6 dolar AS atau 0,18 persen, menjadi berakhir pada 1.460,1 dolar AS per ounce.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.