Kemenhub Akan Naikkan Biaya Bongkar Muat Pelabuhan

Kompas.com - 30/05/2014, 17:11 WIB
Ilustrasi KOMPAS/HERU SRI KUMOROIlustrasi
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan berencana menaikkan biaya tagihan operator terminal (container handling charge/CHC) kepada perusahaan pelayaran. Rencananya, CHC akan naik USD 10 dari USD 83 menjadi USD 93 dan akan selesai dalam waktu dekat.

"Kita masih kaji dalam waktu dekat, kalau tanya sampe kapan ya dalam waktu dekat. Besarannya USD 83 ke USD 93 berarti naik 10 dollar CHC," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub, Bobby R. Mamahit di Jakarta, Jumat (30/5/2014).

Boby menjelaskan, kenaikan tersebut karena besaran tarif tersebut tidak pernah naik dari tahun 2008. Padahal menurutnya, pada tahun 2005 CHC memcapai 150 dollar AS per boks sebelum kemudian diturukan pada 2008 menjadi 83 dollar AS per boks.

Rencana kenaikan CHC akan disertai dengan peningkatan pelayanan di pelabuhan. Menurut Boby, dengan peningkatan pelayan pelabuhan, tidak membuat biaya distribusi semakin mahal.

"Kita mau naek lagi, kalau ada kenaekan kan harus ada kenaekan pelayanan, kalo gak ada pelayanan kan jadi mahal distribusinya," katanya.

Selain CHC, kemenhub juga berencana menaikan biaya tambahan (surcharge) dari 12 dollar AS menjadi 17 dollar AS. "Sejak 2008, surcharge 12 dollar AS, naik jadi 17 dollar AS," katanya.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X