Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Maskapai Batal Beroperasi di Halim Perdanakusuma

Kompas.com - 03/06/2014, 16:49 WIB
Robertus Belarminus

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak tiga maskapai penerbangan mengurungkan niatnya untuk terbang dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Beberapa maskapai ini sebelumnya sempat berkeinginan beroperasi di bandara tersebut selain di Bandara Soekarno Hatta.

General Manager Halim Perdanakusuma Iwan Khrishadianto mengatakan, tiga maskapai yang menyatakan batal membuka operasi di Halim Perdanakusuma yakni Garuda Indonesia, Lion Air dan juga Air Asia.

"Kemarin hasil informasi dan sudah berkirim surat juga ke kami, maskapai Garuda, Air Asia dan Lion, tidak jadi masuk," kata Iwan, saat ditemui wartawan, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (3/6/2014).

Iwan mengatakan, dalam rencana awal, tiga maskapai tersebut memang sempat berencana untuk membuka operasi di bandara tersebut. Iwan belum mengetahui pasti alasan pembatalan ini.

"Kalau alasan yang jelas sekali saya tidak tahu. Cuma intinya kurang efektif sama alasan operasional," ujar Iwan.

Sejauh ini belum ada informasi lanjutan mengenai maskapai lain yang berencana membuka operasi di sana. Meski demikian, Direktorat Jenderal Udara (DJU) telah merekomendasikan maskapai Sky Aviation untuk beroperasi di sana.

"Kemarin kami dapat dari DJU. Ada informasi Sky mau masuk," ujarnya. Ia menyatakan, Halim Perdanakusuma memiliki total 74 slot penerbangan per hari. Saat ini, sebanyak 32 slot penerbangan sudah terisi oleh Citilink.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com