Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mendag: Defisit Neraca Perdagangan Kemungkinan Salah Pencatatan

Kompas.com - 03/06/2014, 20:00 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com – Seolah tak percaya, Menteri Perdagangan, M Lutfi menengarai, defisit neraca perdagangan April 2014 kemungkinan karena salah pencatatan. Lutfi mengatakan, total ekspor nonmigas mengalami penurunan 7,1 persen dibanding bulan lalu (month to month).

Dia mengatakan, penurunan paling dalam terlihat pada komoditas minyak nabati atau crude palm oil (CPO). “CPO turun drastis lebih dari 45 persen, nominalnya lebih dari 1 miliar dollar AS. Oleh sebab itu, karena penurunan drastis itu kami merasa ada kesalahan pencatatan di pasar, atau terjadi masalah yang mesti dipercepat penyelesaiannya,” kata Lutfi ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Selasa (3/6/2014).

Lebih lanjut dia menyatakan, sampai saat ini Kementerian Perdagangan belum mengetahui pasti penyebab penurunan ekspor CPO tersebut. Untuk itu, pekan depan pihaknya akan memanggil pelaku industri CPO dan instansi terkait, membahas kemungkinan lain penyebab jatuhnya ekspor CPO.

“Kalau angka (nilai ekspor CPO) ini dikoreksi sama dengan bulan lalu, surplus neraca perdagangan nonmigas sebenarnya lebih baik. Kita akan pelajari semuanya,” imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com