Kereta Bandara Soekarno Hatta-Halim Dibangun Tahun Depan

Kompas.com - 04/06/2014, 12:39 WIB
Mulai Mei 2014 pintu M1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan ditutup terkait pembangunan rel kereta bandara dan terminal tiga ultimate, Kamis (3/4/2014). Yohanes Debrito NeonnubMulai Mei 2014 pintu M1 Bandara Internasional Soekarno-Hatta akan ditutup terkait pembangunan rel kereta bandara dan terminal tiga ultimate, Kamis (3/4/2014).
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Proyek kereta ekspres yang menghubungkan Bandara Soekarno Hatta dan Bandara Halim Perdanakusuma saat ini tengah disiapkan untuk melakukan studi analisa dampak lingkungan (amdal) dan selanjutnya akan mengundang investor untuk tender.

"Kami sedang siapkan dokumennya dan kemungkinan akan dimulai konstruksi tahun depan," ujar Menteri Perhubungan, E.E Mangindaan di Kantor Presiden, Rabu (4/6/2014).

Menurutnya persiapan studi proyek Public Private Partnership (PPP) ini memang mengedepankan asas kehati-hatian sehingga jangan sampai salah langkah yang berpotensi menghambat proyek ini ke depannya.

"Harapan kami pembangunan tiga tahun selesai dan tahun 2018 sudah bisa beroperasi," ungkapnya.

Proyek kereta ekspres bandara ini memiliki panjang 33,8 kilometer (km) dan jalur Halim menuju Soekarno Hatta bisa ditempuh dalam 30 menit dengan anggaran sekitar Rp 19 triliun.

Mangindaan bilang meski segala sesuatunya sedang dipersiapkan untuk pembangunan kereta ekspres bandara ini, namun pemerintah tahun ini masih fokus pada pembangunan kereta bandara reguler dari Manggarai menuju Bandara Soekarno Hatta yang dibangun PT Kereta Api Indonesia (KAI).

"Tahun ini kereta bandara reguler akan jadi fokus pemerintah dan kini sudah sampai Duri (Jakarta Barat)," ungkapnya. (Fahriyadi)

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X