Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indeks Keyakinan Konsumen Mei Meningkat

Kompas.com - 04/06/2014, 18:14 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) dalam Survei Konsumen melaporkan keyakinan konsumen pada bulan Mei 2014 meningkat. Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Mei 2014 tercatat 116,9, meningkat dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 113,9.

"Peningkatan tersebut didorong oleh menguatnya optimisme konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan kondisi ekonomi 6 bulan mendatang," tulis BI dalam keterangan resmi di Jakarta, Rabu (4/6/2014).

Bank sentral menyebut, secara tahunan IKK Mei 2014 juga lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun sebelumnya, yakni mencapai 112,8. Hasil survei juga menunjukkan bahwa konsumen memperkirakan kenaikan harga masih berlanjut pada 3 bulan mendatang. Ini terkait pasca bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri pada Agustus 2014.

"Selain itu, tekanan kenaikan harga pada 6 bulan mendatang yakni pada November 2014 diperkirakan juga masih tinggi didorong oleh kekhawatiran terhadap ketersediaan pasokan barang konsumsi dan penurunan subsidi Pemerintah," papar BI.

Secara regional, peningkatan indeks ekspektasi harga 6 bulan mendatang teridentifikasi di 10 kota. Peningkatan terbesar terjadi di kota Samarinda dan Bandar Lampung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com