Kompas.com - 04/06/2014, 19:05 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan sembilan surat keputusan Wilayah Kerja Panas Bumi (SK WKP) kepada Gubernur, Bupati, dan Pemda, untuk melakukan pelelangan.

“Kami sekarang akan menyerahkan 9 WKP kepada Bupati, Gubernur, Pemda, totalnya lebih dari 1.000 megawatt,” kata Direktur Panas Bumi, Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian ESDM, Tisnaldi, di Jakarta, Rabu (4/6/2014).

Setelah melakukan survei titik-titik potensial panas bumi, pemerintah menyerahkan SK WKP Panas Bumi kepada Pemda untuk dilelang kepada investor yang akan melakukan eksplorasi. Sejumlah wilayah WKP yang diserahkan langsung oleh Menteri ESDM Jero Wacik itu, antara lain Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Halmahera Utara, dan Halmahera Barat.

Tisnaldi menambahkan, selain sembilan WKP tersebut, pemerintah akan segera melakukan tender atas 8 WKP Panas Bumi. Berikut 9 WKP Panas Bumi tersebut:

1. WKP Geraho Nyabu, Kerinci- Jambi (potensi panas bumi, 200 megawatt).
2. WKP Gunung Talang, Bukit Kili, Solok- Sumatera Barat (65 megawatt).
3. WKP Gunung Arjuno Welirang, Pasuruan, Malang- Jawa Timur (185 megawatt).
4. WKP Gunung Pandan, Madiun- Jawa Timur (60 megawatt).
5. WKP Gunung Wilis, Jawa Timur (50 megawatt).
6. WKP Gunung Songgoroti, Blitar, Malang- Jawa Timur (35 megawatt);
7. WKP Gunung Gede Pemgrango, Jawa Barat (85 megawatt);
8. WKP Gungung Hamiding, Halmahera Utara (265 megawatt);
9. WKP Telaga Rano, Halmahera Barat (85 megawatt)

Kesembilan WKP memiliki potensi panas bumi mencapai 1.030 megawatt. Dengan asumsi kapasitas pengembangan 45 persen, diperkirakan investasi yang didapat sebesar 2,1 miliar dollar AS.

Pengembangan panas bumi di sembilan WKP diperkirakan mampu menyerap, 56 teknisi, 167 tenaga operator, serta 333 tenaga penunjang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.