Jelang Lebaran, Permintaan Kredit Bank Permata Meningkat

Kompas.com - 04/06/2014, 20:29 WIB
Bank Permata. KOMPAS/HERU SRI KUMOROBank Permata.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang bukan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, konsumsi masyarakat cenderung meningkat. Dengan demikian, untuk memenuhi konsumsi, dana yang dibutuhkan juga ikut naik.

Direktur Retail Banking PermataBank Bianto Surodjo mengungkapkan peningkatan pengajuan kredit tanpa agunan (KTA) memang secara musiman terjadi peningkatan. Apalagi, untuk tahun 2014 ini, periode tahun ajaran baru, bulan Ramadhan, dan Idul Fitri saling berdekatan.

"Biasanya ada peningkatan. Persentase dari tahun ke tahun bervariasi. Secara seasonal biasanya tertinggi pada 2 bulan menjelang Lebaran. Sekarang sudah mulai naik. Nanti setelah itu normal lagi," kata Bianto di kantornya, Rabu (4/6/2014).

Bianto mengungkapkan, peningkatan penyaluran KTA pada periode ini dapat mencapai 25 hingga 30 persen. Adapun pada momen pergantian tahun pun biasanya terjadi peningkatan permintaan pengajuan KTA. Produk andalan perseroan adalah KTA Speed, dengan masa proses pengajuan hanya 1 hari.

"Sejak pertama diluncurkan bulan Maret lalu, pertumbuhan KTA Speed cukup bagus. Tiap hari nasabah yang apply 300 sampai 400 nasabah," ujar Bianto.

Secara rata-rata, kisaran dana pinjaman yang paling diminati menurut Bianto adalah kisaran Rp 25 juta hingga Rp 30 juta. Alasan pengajuan KTA pun diakuinya beragam, namun biasanya untuk keperluan mendesak.

"Target kami (penyaluran KTA) sampai akhir tahun mudah-mudahan mencapai Rp 2,3 triliun. Untuk keseluruhan kredit mungiin sedikit diharapkan di atas 15 persen," papar dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X