OJK Minta Hakim Pahami Aturan Lembaga Keuangan Syariah

Kompas.com - 05/06/2014, 14:49 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Muliaman D Hadad mengimbau kepada seluruh hakim untuk lebih memahami regulasi lembaga keuangan syariah, baik perbankan maupun non perbankan.

"Saya menekankan pentingnya sosialisasi lembaga keuangan syariah di kalangan hakim di pengadilan agama dan beberapa hakim lainnya, karena peran pengadilan agama untuk mengawal perkembangan industri syariah sangat penting," kata Muliaman di Hotel Borobudur, Kamis (5/6/2014).

Saat ini, permasalahan lembaga keuangan syariah menjadi sangat kompleks, mengingat semakin banyak timbul lembaga keuangan yang berbasis syariah. Hal itu menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi para hakim untuk terus ikut mengawasi perkembangan industri keuangan syariah di Indonesia.

"Hampir setiap produk dan layanan jasa keuangan selalu ada pasangan, ada konvensional dan berbasis syariah. Tentu hal ini memberikan hal penting yaitu pemahaman kita berbagai mana aspek industri keuangan syariah," papar Muliaman.

Pada kesempatan yang sama Ketua Mahkamah Agung (MA)Muhammad Hatta Ali mengungkapkan kerjasama antara MA dengan OJK dalam hal peningkatan kulitas SDM mejadi yang pertama kalinya. Sebelumnya, MA selama 12 tahun sudah bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI).

"Pada satu sisi MA juga ada program peningkatan ilmu pengetahuan para hakim dan jajarannya, akan tetap pada sisi lain program tersbeut belum dilaksanakan merata karena kerbatasan anggaran. Untuk itu kerjasama dengan OJK ini penting meningkatkan kapasitas dan kapabilitas sumber daya manusia di MA," ujar Hatta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.