Ekonom: Keputusan Jokowi Hapus Subsidi BBM Pasti Didukung Rakyat

Kompas.com - 05/06/2014, 16:26 WIB
Pengendara mengisi bahan bakar untuk kendaraannya di SPBU di Kuningan, Jakarta, Minggu (21/10/2012). 
KOMPAS/HERU SRI KUMOROPengendara mengisi bahan bakar untuk kendaraannya di SPBU di Kuningan, Jakarta, Minggu (21/10/2012).
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Ekonom dari Universitas Gadjah Mada, Sri Adiningsih percaya, rencana Joko Widodo untuk meniadakan subsidi bahan bakar minyak (BBM) jika terpili jadi Presiden nanti, bakal didukung oleh seluruh rakyat.

"Kalau masyarakat sudah percaya anggaran yang ada itu digunakan untuk dikembalikan kepada rakyat, dan subsidi dari BBM dialihkan untuk melanjutkan program-program yang langsung diberikan pada rakyat, pasti mudah diterima," ujarnya ditemui di Permata Kuningan Jakarta, Kamis (5/6/2014).

Secara bertahap, sebut dia,  subsidi BBM akan dialihkan untuk program-program untuk rakyat. Sri mengatakan, salah satunya adalah program jaminan sosial yang mencakup 100 persen rakyat pada 2019.

"Kemudian untuk membangun infrastruktur itu juga perlu dana dan yang saya tahu Pak Jokowi-JK ingin menunjukkan pada rakyat dulu bahwa kalau berkuasa, anggaran itu akan dikelola dengan baik, dan betul-betul ditujukan untuk masyarakat," katanya lagi.

Ia menyebutkan,  penolakan dari masyarakat atas wacana pencabutan subsidi BBM dan listrik saat ini beralasan. Hal itu, sebutnya, lantaran masyarakat melihat pemerintahan saat ini tidak memiliki program yang jelas, seperti contohnya, tidak ada program Indonesia Sehat, Indonesia Pintar dan lainnya termasuk infrastruktur.

"Sekarang ini kan infrastruktur tidak terbangun dengan baik," ujarnya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X