Gaji di Kapal Asing Lebih Tinggi, Indonesia Kekurangan ABK

Kompas.com - 06/06/2014, 21:09 WIB
Ilustrasi kapal laut Kompas.com/Darwiaty H Ambo DalleIlustrasi kapal laut
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – Indonesia masih sangat kekurangan anak buah kapal (ABK). Alasannya, tenaga kerja di bidang kelautan ini lebih memilih bekerja di kapal asing yang bergaji lebih tinggi dibandingkan kapal milik perusahaan dalam negeri.

“Sejak 2012, Bea Cukai merencanakan penambahan pegawai sebanyak 5.000 orang. Ada anak buah kapal, ahli auditor, ada anak buah kapal. Ada yang stoknya banyak, ada yang rebutan. ABK misalnya yang rebutan, karena di kapal asing gajinya lebih tinggi dari kapal negara,” ujar Dirjen Bea Cukai, Agung Kuswandono, di kantor Kementerian Keuangan, Jumat (6/6/2014).

Tahun lalu saja misalnya, Bea Cukai membutuhkan sebanyak 100 ABK. Realisasinya, mereka hanya mendapatkan 12 orang ABK. Di sisi lain, untuk nahkoda, dibutuhkan pendidikan khusus. Agung bilang, untuk yang satu ini stoknya sangat terbatas. Sehingga, pihaknya memiliki rencana untuk memberikan pendidikan nahkoda pada pegawa Bea Cukai.

“Kami tanya ke Ditjen Hubla (Kemenhub). Ternyata sekolah (nahkoda) mereka belum punya. Ini berarti gayung bersambut. Pegawai dididik menjadi nahkoda untuk melengkapi kapal yang sudah kita bangun,” kata dia.

Sekjen Kemenkeu, Kiagus Rahmad Badaruddin mengatakan, selain lantaran gaji yang tidak menarik di banding kapal asing, calon nahkoda dan ABK pun ternyata mengalami kesulitan dalam menembus tes kemampuan dasar (TKD).

“Di TKD ini banyak yang gugur. Pak Wapres sendiri bilang ini harus direview lagi. Karena misalnya, insinyur dites tentang Pemda, padahal yang mau dicari Kepala Dinas PU. Ini contoh kenapa sulit, di samping nahkoda lebih senang kerja di kapal swasta,” ujarnya.

Saat ini ada sekitar 63.000 pegawai yang ada di bawah Kementerian Keuangan. Sebangian besar, sekitar 33.000 ada di Direktorat Jenderal Pajak, 10.000 orang ada di Ditjen Bea Cukai, sekitar 8.000 ada di Ditjen Perbendaharaan Negara, dan sisanya di direktorat lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.