Jelang Puasa, Kenaikan Harga Telur Ayam dan Bawang Merah Tertinggi

Kompas.com - 10/06/2014, 16:34 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Perdagangan (Mendag) Muhamad Lutfi mengatakan, kenaikan harga pangan menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri merupakan masalah penting.

Dalam periode sekitar 30 hari menjelang Lebaran, terdapat kenaikan bahan pangan cukup tinggi. Menurut Lutfi, pada dasarnya harga memiliki 2 sifat menjelang bulan Ramadhan dan Idul Fitri, yakni kenaikan permintaan dan harga pada 30 hari sebelum Ramadhan dan 30 hari sebelum Idul Fitri.

"Kita melihat basis ini untuk 30 hari sebelum Lebaran kita bisa melihat ada barang barang yang punya tingkat kenaikan yang cukup tinggi, yaitu daging ayam, telur ayam, bawang merah dan bawang putih. Kalau dilihat kenaikannya yang tertinggi adalah untuk telur ayam dan bawang merah," kata Lutfi di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Selasa (10/6/2014).

Lutfi menjelaskan kenaikan harga telur ayam mencapai 10 persen dan bawang merah 15 persen. Kenaikan tersebut diakui Lutfi adalah by design alias direncanakan dari Kementerian Perdagangan agar peternak tidak mengalami kebangkrutan massal.

Adapun harga bawang merah, menurut Lutfi, cenderung tinggi namun masih berada di bawah harga referensi, yakni mencapai Rp 25.700. Harga yang dipantau Kementerian Perdagangan di pasar adalah berada pada kisaran Rp 21.000 sampai Rp 24.000 tergantung lokasi.

Akan tetapi, stok ditekankan Lutfi masih cukup dan terjadi panen dan harga diharapkan akan kembali normal. "Kita lihat ada 3 barang utama yang jatuhnya di bawah 10 persen, yaitu cabe merah, keriting dan cabe rawit karena dalam posisi panen. Di lain itu semua stok lain bagus. Kami menjaga agar tidak terjadi rollercoaster, harganya naik turun seperti tahun lalu," ujar Lutfi.

Lutfi menegaskan pihaknya telah memastikan stok memadai. Selain itu, pihaknya juga menekankan tidak akan terjadi kenaikan harga yang di luar kebiasaan sebesar 5 sampai 10 persen sebelum bulan puasa dan Idul Fitri.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.