Dengan Jalur Ganda, Jakarta-Surabaya Lebih Cepat 3 Jam

Kompas.com - 11/06/2014, 07:22 WIB
Ratusan pekerja dikerahkan untuk menggeser rel dari jalur tunggal untuk dialihkan ke jalur ganda di ruas antara Cepu, Jawa Tengah, dan Tobo, Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (26/3). KOMPAS/IWAN SETIYAWANRatusan pekerja dikerahkan untuk menggeser rel dari jalur tunggal untuk dialihkan ke jalur ganda di ruas antara Cepu, Jawa Tengah, dan Tobo, Bojonegoro, Jawa Timur, Rabu (26/3).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyatakan, pembangunan jalur ganda KA lintas utara dan selatan yang sedang dikerjakan oleh Kemenhub akan memiliki manfaat yang besar bagi lalu lintas KA. Salah satu manfaatnya, yaitu penghematan waktu tempuh.

"Dengan selesainya jalur ganda, waktu tempuh KA akan berkurang. Misalnya, KA Argo Bromo Anggrek, tujuan Surabaya Pasar Turi - Gambir dari 9 jam 28 menit menjadi 9 jam, artinya 28 menit lebih cepat," ujar Direktur Jendral Perkeretaapian Hermanto Dwiatmoko, di Jakarta, Selasa (10/6/2014).

Hermanto menjelaskan, penghematan waktu tempuh KA terjadi karena lalu lintas KA akan jauh lebih lancar dengan jalur ganda tersebut. Bahkan dia mengatakan, penghematan waktu tempuh kereta penumpang mencapai hampir tiga jam.

"KA Kertajaya yang biasanya membutuhkan waktu tempuh 13 jam 50 menit dari Jakarta ke Surabaya, sekarang bisa ditempuh dalam waktu 11 jam 10 menit atau lebih cepat 2 jam 40 menit, hampir 3 jam," katanya.

Selain kereta penumpang, kereta barang juga mengalami penghematan waktu tempuh. Menurut Hermanto, penghematan waktu tempuh KA barang bisa dilihat dari waktu tempuh KA Petikemas dari Kalimas ke Tanjung Priuk) yang semula 18 jam 39 menit menjadi 16 jam, artinya 2 jam 41 menit lebih cepat.

Dengan penghematan waktu tempuh tersebut, Hermanto berharap masyarakat akan lebih tertarik memakai moda transportasi KA, karena selain memiliki waktu tempuh yang cepat, menggunakan KA juga relatif lebih murah daripada menggunakan angkutan bus antarkota.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X