Ironis! Cuma 3,5 Juta Orang Indonesia yang Punya Program Pensiun

Kompas.com - 11/06/2014, 07:30 WIB
EditorErlangga Djumena


JAKARTA, KOMPAS.com —
Ironis. Di tengah perkembangan pesat ekonomi nasional saat ini, ternyata belum semua masyarakatnya merencanakan masa pensiun. Buktinya, cuma 3,5 juta dari total penduduk sekitar 250 juta di Indonesia yang memiliki program pensiun di perusahaan pengelola dana pensiun swasta, baik melalui Dana Pensiun Pemberi Kerja (DPPK) maupun Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).

Nur Hasan Kurniawan, Chief of Employee Benefits PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia yang juga menjabat sebagai Ketua Harian Asosiasi DPLK, mengatakan, sebanyak 3,5 juta peserta pensiun itu hanya berasal dari DPPK dan DPLK, di samping program pensiun pemerintah dengan kepesertaan PNS/TNI/Polri.

“Sekitar 1,5 juta adalah peserta DPPK dan sisanya 2 juta merupakan peserta DPLK. Tetapi, kebanyakan dari peserta DPPK dan DPLK ini adalah peserta yang diikutkan oleh perusahaan mereka bekerja, bukan atas inisiatif sendiri,” ujarnya, Selasa (10/6/2014).

Menurut Nur Hasan, kesadaran masyarakat Indonesia terhadap perencanaan pensiun masih minim. Tidak hanya karena keterbatasan informasi mengenai manfaat jangka panjangnya, tetapi juga lantaran sosialisasi yang kurang dari pihak-pihak terkait.

Melansir hasil penelitian Manulife Investor Sentiment Index (MISI), sebanyak 45 persen responden belum sama sekali merencanakan masa pensiun mereka. Kabar baiknya, 55 persen lainnya sudah merencanakan masa pensiun. Sayang, kenyataannya, cuma 3,5 juta masyarakat Indonesia yang memiliki program pensiun. (baca juga: Setelah Pensiun, Orang Indonesia Masih Mau Bekerja Selama 12 Tahun Lagi)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.