Monitor Harga, CT Akan Sidak ke Pasar-pasar

Kompas.com - 12/06/2014, 13:43 WIB
Chairul Tanjung KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Chairul Tanjung
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Chairul Tanjung akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa pasar tradisional di Jakarta. Hal itu untuk memonitor harga dan menjaga stabilitas pasokan pangan menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri.

"Rencananya besok saya dengan menteri-menteri terkait akan sidak ke pasar-pasar. Dengan begitu kita bisa melakukan tindakan. Di Jakarta dulu," kata CT di kantornya, Kamis (12/6/2014).

Meskipun demikian, CT enggan menyebut pasar mana yang menjadi target inspeksinya. Sebab, apabila ia menyebut pasar yang disidak, maka harga pasti akan berubah.

"Nanti kalau dibuka (lokasi pasar yang akan dikunjungi), pasarnya siap dan harganya berubah juga," ujar dia.

Menurut CT, pada periode bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri memang selalu ada peningkatan permintaan bahan pangan. Harga, lanjutnya, selalu berkaitan erat dengan permintaan dan penawaran.

Bila permintaan meningkat, harga pun akan ikut naik. "Kita tahu harga naik yang tidak wajar. Kalau harga naik kita ambil langkah-langkah menambah supla agar harga naik tidak signifikan. Sampai hari ini harga-harga terkendali," ujar CT.

CT mengaku pemerintah memantau harga beberapa komoditas. Komoditas tersebut antara lain daging ayam, telur ayam, bawang merah, dan bawang putih. "Masalah ayam potong atau telur ayam selama ini harganya selalu fluktuasi," kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X