Rona Mentari Wakili Indonesia dalam Konferensi Mendongeng Internasional

Kompas.com - 12/06/2014, 14:22 WIB
Rona Mentari saat mendongeng Sydney International Storytelling Conference 2014. dok. pribadiRona Mentari saat mendongeng Sydney International Storytelling Conference 2014.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia patut berbangga, lantaran salah satu pendongengnya mendapat kesempatan tampil dalam Sydney International Storytelling Conference 2014.

Dalam event tersebut, Indonesia diwakili oleh satu-satunya delegasi yaitu Rona Mentari. Pendongeng lain yang hadir dalam acara ini juga berasal dari berbagai negara seperti Amerika Serikat, Inggris, Selandia Baru, Singapura, India, dan tentunya Australia.

“Mendongeng adalah bagian dari budaya kita, budaya tutur atau lisan. Penyampaian nilai-nilai melalui dongeng selain lebih mudah ditangkap, tidak terkesan menggurui, dan lebih melekat di benak pendengarnya”, ujar Rona dalam keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (12/6/2014).

Rona hadir dengan mendapatkan dukungan dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI dan Pertamina. Sebagai duta Indonesia, ia menyampaikan nilai-nilai keindonesiaan melalui dongeng yang disampaikan dengan wayang.

Rona diberi sebuah kehormatan dengan tampil dalam konser dongeng penutup yang dihadiri audiens paling banyak diantara konser lain dalam konferensi ini.

Bersama Gareng, teman wayangnya, ia mendongeng tentang sebuah kerajaan yang mengadakan sayembara. Nilai yang terkandung dalam dongeng itu adalah kegigihan, keberanian, dan pantang menyerah.

Di negara-negara maju, Aktivitas mendongeng menjadi bagian hidup masyarakatnya. Mereka sadar betapa pentingnya aktivitas ini di tengah kemajuan teknologi yang makin menjauhkan manusia satu sama lain.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X