Bandara Soekarno-Hatta Targetkan Layani 85 Pesawat Per Jam pada 2015

Kompas.com - 12/06/2014, 18:43 WIB
Ilustrasi bandara KOMPAS/IWAN SETIYAWANIlustrasi bandara
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah akan meningkatkan kapasitas pesawat yang bisa dilayani di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten. Diharapkan pada 2015, jumlah pesawat mencapai 85 keberangkatan per jam.

"Kami mengevaluasi kepadatan lalu lintas udara di Bandara Soekarno-Hatta. Target traffic yang mendarat dan take-off dalam 1 jam bisa ditingkatkan kapasitasnya," kata Menko Perekonomian Chairul Tanjung (CT) di kantornya, Kamis (12/6/2014).

Terkait hal ini, CT mengungkapkan bahwa pemerintah telah melakukan studi banding ke Bandara Heathrow, Inggris. Studi banding tersebut dilakukan untuk mempelajari kepadatan lalu lintas di bandara Inggris tersebut untuk dapat diimplementasikan di Bandara Soekarno-Hatta.

"Di Bandara Heathrow, dalam 1 jam, mendarat dan take-off bisa lebih dari 100 penerbangan dengan 2 landasan, sama dengan Soekarno-Hatta. Target kami Juni 2014 ada 72 penerbangan bisa landing dan take-off," ujar CT.

Target lalu lintas penerbangan di Cengkareng tersebut diakui CT akan terus ditingkatkan. Pada bulan Juni 2015, ditargetkan setidaknya 86 penerbangan dapat terbang dan mendarat dalam 1 jam.

Pemerintah akan terus melakukan kajian dan mengundang ahli agar lalu lintas bandara dapat diefektifkan. Lalu lintas bandara di Tanah Air, kata CT, selama ini terganggu karena berbagai kendala. Ia menyebut air traffic controller (ATC) dan infrastruktur.

"Tantangannya banyak. Kalau bangun airport baru kan lama. Jadi kita optimalkan yang sudah ada saja," ujar CT.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X