Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Setelah Freepot, Kini Giliran CEO Newmont Lobi Pemerintah

Kompas.com - 13/06/2014, 20:00 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - CEO Newmont Mining Corporation, Gary J. Goldberg, didampingi Presiden Direktur PT Newmont Nusa Tenggara Martiono Hadianto hari ini, Jumat (13/6/2014) menyambangi Kantor Menko Bidang Perekonomian, Chairul Tanjung.

Ini menjadi kunjungan yang kesekian kalinya bagi perusahaan tambang asing melobi pemerintah Indonesia. Sebelumnya, CEO Freeport McMoran Copper and Gold Inc Richard C. Adkerson, juga berkunjung ke kantor CT.

"Kesempatan ini untuk menyelesaikan masalah yang kami hadapi yang terkait dengan penutupan operasi kami," kata Gary kepada wartawan di Lapangan Banteng. Dia juga mengatakan, mendukung kebijakan pemerintah RI untuk membangun pabrik pemurnian bijih mineral atau smelter.

Dia menuturkan, saat ini perseroan tengah mencari solusi untuk itu. Sementara itu, ditanya perihal nota kesepahaman renegosiasi kontrak karya, Gary menjelaskan tengah mempelajari perbedaan antara pemerintah Indonesia dengan pihaknya. "Kami sedang mengerjakan detailnya dengan pemerintah," kata dia.

Juru Bicara Newmont Mining Corporation, Ruby Purnomo, menambahkan, perseroan akan berdiskusi dengan pemerintah tentang persoalan yang dihadapi Newmont, mulai dari penutupan tambang Batu Hijau, hingga perumahan sementara operator tambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com