Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PTPN X Targetkan Bisa Produksi Gula 576.000 Ton

Kompas.com - 16/06/2014, 13:27 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) X menargetkan bisa merealisasikan produksi gula hingga 576.000 ton. Jumlah itu meningkat sekitar 19 persen dari produksi 2013 sebesar 485.000 ton.

”Sejauh ini persiapan sudah on the right track. Sudah ada beberapa pabrik gula yang giling sejak Mei lalu, tapi ada juga yang baru giling bulan Juni ini. Menyesuaikan dengan pemanenan tebu dan jadwal kemasakannya,” ujar Dirut PTPN X Subiyono dalam siaran pers, Senin (16/6/2014).

PTPN X saat ini memiliki 11 pabrik gula di Jawa Timur, mulai dari Sidoarjo, Mojokerto, Kediri, Jombang, Nganjuk, hingga Tulungagung.

Perseroan menargetkan bisa menggiling tebu sebanyak 6,84 juta ton pada tahun ini, meningkat dibanding realisasi 2013 sebesar 6,7 juta ton. Adapun luas lahan tebu ditargetkan PTPN X sebesar 79.253 hektar.

PTPN X menargetkan produktivitas lahan dipatok sebesar 86,4 ton tebu per hektar dan produktivitas gula 7,3 ton gula per hektar. Perseroan mengklaim produktivitas lahan dan gula masih yang tertinggi dibanding rata-rata kinerja produsen gula lainnya di Indonesia.

”Tahun ini kami menargetkan rendemen (kadar gula dalam tebu) di kisaran 8,39 persen. Dari awal giling saat ini di beberapa pabrik gula kami sudah ada yang rendemennya di atas 8 persen,” tutur Subiyono yang juga ketua umum Ikatan Ahli Gula Indonesia (Ikagi) itu.

Adapun terkait harga lelang gula, kata Subiyono, sejauh ini belum cukup menggembirakan. Untuk itu pihaknya berharap pemerintah bisa lebih tegas mengatur soal impor  gula dan merembesnya gula rafinasi ke pasar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com