Harga Komoditas Lesu, PTPN IX Rambah Bisnis Wisata

Kompas.com - 16/06/2014, 15:15 WIB
|
EditorErlangga Djumena
UNGARAN, KOMPAS.com - PT Perkebunan Nusantara IX mulai merambah bisnis jasa hiburan menyusul anjloknya harga komoditas karet dunia dan hasil perkebunan terus merosot. Minggu (16/6/2014) kemarin PTPN IX meresmikan Djatirunggo Park di Kebun Ngobo, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang.

“Kalau sebelumnya tergantung dari komoditas karet, maka sekarang berfikir mencari cara menghasilkan dari komoditas non kebun,” kata Adiministratur Kebun Ngobo, Petrus Budiman, dihubungi Senin (16/6/2014).

Petrus mengatakan, saat ini harga komoditas perkebunan sangat fluktuatif, bahkan bulan ini harga komoditas karet turun.

Ia menerangkan, pembangunan Djatirunggo Park terintegrasi dengan masyarakat sekitar. Salah satunya dengan menampung sejumlah pedagang kaki lima yang semula di jalanan ke lokasi wisata.

“Segmentasinya menengah ke bawah. Sebab kawasan tersebut berada di pedesaan yang dikelilingi kawasan industri. Jadi sasaran pengunjungnya para pekerja pabrik dan juga dari masyarakat sekitar. Nilai investasi awal masih berkisar Rp 250 juta. Saat ini masih proses membangun, mudah-mudahan bulan depan sudah dibuka,” tuturnya.

Sementara itu Dirut PT PN IX, Adi Prasongko mengatakan, Djatirunggo Park merupakan wisata agro yang dilengkapi wahana permainan, pendidikan dan olahraga. Pembangunan kawasan wisata tersebut diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di sekitar kebun.

“Tempat strategis seperti ini perlu dikembangkan menjadi tempat wisata. Konsepnya sederhana, yang penting bagaimana bisa membangun infrastruktur di daerah, kemudian bisa mengembangkan ekonomi yang ada di sekitar kebun,” katanya

Menurut Adi, keberadaan Djatirunggo Park diharapkan menjadi wahana aktualisasi warga terutama di lingkungan kawasan Industri di Pringapus dan sekitarnya. "Untuk mengimbangi aktivitas masyarakat terkini yang ketergangungan dengan teknologi. Sehingga membuat orang tidak mau bersosialisasi dengan lingkungannya." jelasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.