Jika Temukan Investor, Mandala Berpeluang Kembali Terbang

Kompas.com - 18/06/2014, 19:16 WIB
Airbus A320 milik Tigerair Mandala Airlines saat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. KOMPAS IMAGES/VITALIS YOGI TRISNAAirbus A320 milik Tigerair Mandala Airlines saat berada di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com – PT Mandala Airline yang akan berhenti beroperasi mulai 1 Juli 2014, berpeluang terbang lagi jika menemukan investor baru. Pasalnya, Airlines Operator Certificate (AOC) Mandala masih berlaku hingga setahun mendatang.

“Mandala masih punya peluang untuk bisa on lagi, tapi tergantung kesiapannya dan bagaimana mereka mendapat investor lagi. Ya mudah-mudahan bisa dapat investor lagi, karena SIUP (AOC) masih berlaku 1 tahun lagi,” kata Direktur Angkutan Udara Kementerian Perhubungan Djoko Murjatmodjo, dihubungi wartawan, Rabu (18/6/2014).

Menurut Djoko, mekanisme tutupnya Mandala sudah benar, karena sebelum mengumumkan penutupan operasi, Mandala sudah lapor terlebih dahulu ke Kemenhub. Dia mengaku tidak bisa mencegah Mandala untuk tidak tutup operasi, karena Mandala tengah mengalami kesulitan keuangan.

“Mereka sudah meminta izin kepada kami tadi pagi melalui surat, kemarin juga sudah lapor ke bahwa per 1 Juli 2014 akan berhenti operasi karena tidak punya dana lagi untuk melanjutkan operasional,” katanya.

Dia mengatakan, sisa dana yang dimiliki Mandala sekarang digunakan untuk menyelesaikan pengembalian tiket penumpang, atau pengalihan penerbangan, supaya tidak telantar.

“Kita izinkan asal tidak menelantarkan calon penumpangnya, itu mereka janjikan sehingga konsumennya bisa mulai mengurus pada refund atau dialihkan ke penerbangan lain,” ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.