APBN-P 2014 Disetujui, Subsidi Energi Capai Rp 453 Triliun

Kompas.com - 18/06/2014, 19:32 WIB
Ilustrasi KOMPAS.com/Kristianto PurnomoIlustrasi
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Badan Anggaran (Banggar) DPR menyepakati pemangkasan belanja anggaran pemerintah pada kementerian atau lembaga (K/L) dan penambahan alokasi subsidi energi berupa bahan bakar minyak (BBM) dan listrik.

Menurut Ketua Banggar DPR Ahmadi Noor Supit, APBN Perubahan (APBN-P) 2014 yang disepakati antara lain subsidi BBM sebesar Rp 350,3 triliun. Adapun jatah BBM subsidi mencapai 46 juta kiloliter (KL) dan subsidi listrik menjadi Rp 103 triliun.

Sementara itu, total subsidi energi tahun 2014 mencapai Rp 453,3 triliun dan subsidi nonenergi ditetapkan menjadi Rp 52,7 triliun. Di samping itu, rencana pemotongan anggaran belanja K/L yang sebelumnya Rp 100 triliun disetujui menjadi Rp 43 triliun.

"Porsi yang paling besar itu ada pada pemotongan perjalanan dinas," kata Ahmadi seusai rapat di Gedung DPR, Rabu (18/6/2014).

Lebih lanjut, Ahmadi menjelaskan, hasil pembahasan panitia kerja (panja) belanja Badan Anggaran bersama dengan pemerintah telah menyepakati terkait perubahan APBN 2014.

"Semua disetujui. Maka, hasil pembahasan ini telah disepakati dan ini selanjutnya akan disahkan dalam rapat paripurna malam ini juga," ungkapnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.