Kompas.com - 19/06/2014, 08:00 WIB
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
– Sunu Widyatmoko ditunjuk sebagai Presiden Direktur Indonesia AirAsia efektif mulai 1 Juli 2014. Sunu menggantikan Capt Dharmadi, yang akan menjalankan peran baru sebagai anggota Dewan Komisaris Indonesia AirAsia.

Komisaris Utama AirAsia Indonesia, Pin Harris mengatakan, para pemegang saham sepakat menunjuk Sunu Widyatmoko sebagai Presiden Direktur Indonesia AirAsia yang baru. Saat ini Sunu masih menjabat sebagai Chief Financial Officer dan juga bertindak sebagai Presiden Direktur Interim hingga resmi menjabat  pada 1 Juli nanti.

"Dengan lebih dari 16 tahun pengalaman di bidang finansial, kami percaya Sunu akan mampu membawa AirAsia Indonesia semakin berkembang. Keahliannya di bidang finansial dipadukan dengan passion terhadap AirAsia dan para karyawannya, menjadikan Sunu sebagai orang yang tepat untuk membawa perusahaan ini maju ke depan,” ujar Pin Harris dalam keterangan tertulisnya.

Sunu bergabung dengan Indonesia AirAsia sejak 2013 setelah sebelumnya pernah memegang peranan penting di beberapa perusahaan di industri finansial. Beliau pernah menjabat sebagai Director of Investment Banking PT. Bahana Securities dengan tugas utama antara lain membantu proses sejumlah perusahaan besar melantai di Bursa Efek Indonesia, proses merger dan akuisisi, serta melakukan restrukturisasi perusahaan. Pengalaman profesional beliau lainnya adalah di PT. Indocement Tunggal Prakarsa Tbk dan Ernst & Young Advisory Services.

Sunu memegang gelar master di bidang Business Administration dari University of Illinois di Urbana-Champaign, Amerika Serikat, dan sarjana S1 dari Universitas Brawijaya, Malang, Indonesia.

Terkait penunjukan dirinya sebagai Presiden Direktur Indonesia AirAsia, Sunu Widyatmoko mengatakan, AirAsia telah melakukan revolusi di industri penerbangan di Asean dengan membawa model low-cost carrier ke kawasan ini sehingga memungkinkan setiap orang untuk bepergian dengan pesawat. "Saya sangat merasa terhormat berkesempatan memimpin AirAsia Indonesia, dan saya berkomitmen untuk membawa maskapai ini ke level selanjutnya,” ujarnya.

Group Chief Executive Officer of AirAsia, Tony Fernandes mengatakan, “Indonesia sangat penting dalam strategi pertumbuhan grup AirAsia, dan kami percaya bahwa Sunu dapat memimpin dan mendorong AirAsia Indonesia meraih pangsa pasar. Saya juga ingin memberikan apresiasi kepada Dharmadi atas kontribusi beliau dalam membesarkan AirAsia Indonesia. Di bawah kepemimpinan Dharmadi, AirAsia Indonesia meraih pertumbuhan signifikan serta berhasil mencetak berbagai prestasi.”

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.