Wamenhub: Maskapai Bertumbangan karena Tak Bisa Kelola Keuangan

Kompas.com - 19/06/2014, 16:04 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menilai tumbangnya maskapai-maskapai lokal lebih diakibatkan karena ketidakmampuan maskapai mengelola keuangannya.

"Hidup matinya maskapai disebakan banyak faktor,banyaknya karena korporasi, pengelolaan," ujar Wakil Menteri Pehubungan, Bambang Susantono di Jakarta, Kamis (19/6/2014).)

Bambang menjelaskan, kegagalan maskapai mengelola keuangannya karena maskapai tidak mampu memenuhi skala ekonomi bisnis maskapai. Menurut Bambang, hal tersebut terlihat dari kemampuan maskapai dalam menerbangi rute-rute nasional.

"Itu tidak terpenuhi karena jumlah pesawatnya tidak mampu, makanya maskapai kita tidak menerbangi semua rute, jadi hanya beberapa rute," katanya.

Sementara itu mengenai avtur, Bambang mengatakan, Kemenhub akan berusaha menyesuaikannya avtur saat ini dengan kemampuan maskapai sehingga maskapai mampu membiayai operasional pesawatnya. "Memang kita minta harganya (avtur) agar kompetitif, Inaca sudah mengatakan itu," katanya.

Seperti diberitakan, Maskapai Tigerair Mandala akan menghentikan penerbangannya mulai 1 Juli 2014 ini. (baca: Mulai 1 Juli, Tigerair Mandala Berhenti Terbang)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.