IIF Targetkan Pembiayaan Infrastruktur 400 Juta Dollar AS Tahun Ini

Kompas.com - 19/06/2014, 17:47 WIB
Ilustrasi Pembangunan Jalan KOMPAS/ Agus SusantoIlustrasi Pembangunan Jalan
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Indonesia Infrastructure Finance (IIF) menargetkan pembiayaan infrastruktur hingga mencapai 400 juta dollar hingga akhir tahun 2014 ini. Presiden Direktur IIF Sukatmo Padmosukarso mengatakan dengan pembiayaan melalui IIF, percepatan pembangunan infrastruktur.

"Tahun ini kita harapkan growth pembiayaan hingga 200 juta dollar AS, sehingga sampai akhir tahun bisa 400 juta dollar AS," kata Supadmo di Jakarta, Kamis (19/6/2014).

Menurut Sukatmo, sesuai dengan mandatnya, IIF akan terus fokus pada pembiayaan infrastruktur. Adapun proyek yang dibiayai antara lain jalan tol, infrastruktur telekomunikasi, listrik, dan gas. Secara spesifik, IIF membiayai proyek infrastruktur yang ramah lingkungan.

"Pasar infrastruktur di Indonesia sangat besar. Tapi swasta yang benar-benar mau turun dan memberi kredit masih terbatas. Kita menjadi jembatan bagi swasta untuk membiayai proyek itu," ujar Sukatmo.

Investasi infrastruktur di Indonesia hanya 3 persen dari produk domestik bruto (PDB). Angka itu masih jauh lebih rendah dibandingkan India yang mencapai 7,5 persen dan Tiongkok 10 persen.

"Untuk KPS (Kerjasama Pemerintah dan Swasta, kami di samping memberi pembiayaan kepada swastanya, kami juga bantu pemerintah dalam membentuk advisory untuk menyiapkan proyek KPS dari sisi pemerintah," ujar Sukatmo.

Adapun dana hasil sindikasi dengan International Finance Corporation (IFC) bersama Standard Chartered Bank dan Deutsche Bank sebesar 250 juta dollar AS akan digunakan untuk membiayai proyek infrastruktur antara lain jalan tol.

"Kami yang terbesar masih membiayai telekomunikasi, hampir 20 persen. Dana ini untuk membiayai jalan tol Cikampek-Palimanan," jelasnya.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X