Kompas.com - 20/06/2014, 15:27 WIB
Bursa Efek Indonesia KONTANBursa Efek Indonesia
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bursa Efek Indonesia (BEI) menyatakan perubahan nama investor yang tercatat di pasar modal tidak bisa dilakukan seenaknya.

Hal ini menanggapi munculnya nama Tanoesoedibjo Prabowo-Hatta dalam data kepemilikan saham sejumlah perusahaan Grup MNC yang ditampilkan oleh Bloomberg. Direktur IT BEI Adikin Basirun menyatakan perubahan harus melalui serangkaian prosedur, dan melalui Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

"Tidak bisa nama investor diganti seenaknya. Ada mekanisme yang harus dipenuhi, seperti melalui KSEI. Tapi saya belum mengecek mengenai nama investor tersebut (Tanoesoedibjo Prabowo-Hatta)," ujarnya saat berbincang dengan Kompas.com, Jumat (20/6/2014).

Adikin mengaku, belum mendapat laporan mengenai munculnya nama tersebut. Namun dia tak mau menjelaskan lebih lanjut perihal nama investor itu. "Kalau berkaitan dengan investor, mungkin bisa ditanya ke Pak Hoesen (Direktur Penilaian BEI)," lanjutnya.

Sementara itu dalam perkembangannya, nama Tanoesoedibjo Prabowo-Hatta sudah tidak ada sejak semalam, Kamis (20/6/2014). Adapun yang ada adalah Hary Tanoesoedibjo yang saat ini menjadi pemilik Grup MNC.

Pada saham PT MNC Investama Tbk (BHIT) misalnya, nama Hary Tanoesoedibjo tercatat sebagai investor ketiga terbesar dengan kepemilikan saham mencapai 6,7 persen.

Sebelumnya, satu broker asing mengungkapkan ada investor yang bernama "Tanoesoedibjo Prabowo-Hatta" memborong saham-saham Grup MNC beberapa waktu lalu dengan nilai Rp 869,81 miliar.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dari data Bloomberg yang diperoleh Kompas.com, jumlah tersebut merupakan akumulasi pembelian oleh investor yang bernama "Tanoesoedibjo Prabowo-Hatta" itu.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X