Gambar Bahaya Merokok pada Bungkus Rokok Terpasang Pekan Depan

Kompas.com - 20/06/2014, 19:01 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko


JAKARTA, KOMPAS.com
- Peringatan tentang bahaya merokok bagi kesehatan akan menggunakan bentuk gambar pada bungkus rokok. Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menyebut gambar peringatan akan terpasang mulai Selasa (24/6/2014) pekan depan.

"Pemerintah mulai Selasa akan menerapkan peringatan bahaya merokok melalui gambar," katanya di sela-sela acara Bhakti Kesehatan dalam Rangka Pembinaan Tradisi Bhayangkara, di Mapolda Metro Jaya, Jumat (20/6/2014).

Adapun hal itu, lanjutnya, untuk lebih tegas memberi peringatan kepada para perokok dan dinilai lebih efektif untuk membuat orang enggan merokok. Meski sebelumnya telah ada peringatan berbentuk tulis pada bungkus rokok.

"Nantinya semua peringatan tulis di bungkus rokok akan digantikan dengan peringatan bergambar," ucapnya.

Sebelumnya, Peringatan Kesehatan Bergambar (Pictorial Health Warning-PHW) sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah No 109 Tahun 2012 tentang Pengemasan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif berupa Produk Tembakau.

PHW yang akan ditampilkan antara lain gambar paru-paru yang rusak akibat rokok, gambar asap rokok berbentuk tengkorak, gambar kanker mulut dan tenggorokan, dan lain sebagainya. Setelah tanggal 24 Juni tersebut, bungkus rokok yang beredar tanpa PHW di kemasannya bisa dinyatakan sebagai produk lama atau bahkan barang ilegal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.